Variabel dan Hipotesis dalam Skripsi

Tujuan sebuah penelitian kuantitatif pada dasarnya adalah menguji sebuah hipotesis. Dan, hipotesis sendiri pada dasarnya adalah sebuah jawaban sementara atas sebuah rumusan masalah yang diajukan. Sebagai sebuah pengingat, pada dasarnya sebuah rumusan masalah hendaknya memuhi kaidah sebagai berikut :

  1. Dituliskan dalam bentuk kalimat tanya
  2. Menyiratkan hubungan antar variabel yang diteliti

Variabel pada dasarnya adalah sebuah hasil pengamatan atau observasi yang memiliki parameter terukur. Data yang diperoleh atas obeservasi atau pengamatan akan dikelompokkan menjadi 4 skala, yaitu nominal, ordinal, interval dan rasio. Inilah ciri utama dari sebuah penelitian kuantitatif, yaitu :

  1. Menguji hipotesis
  2. Memiliki variabel yang jelas
  3. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif

Seperti yang telah saya kemukanan dalam beberapa tulisan sebelumnya, penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis hendaknya merupakan sebuah penelitian kuantitatif, karena pada dasarnya mahasiswa S1 dan S2 masih dalam tataran pengujian atas sebuah teori yang telah dipelajari.

Variabel yang tersirat dalam sebuah rumusan masalah, pada dasarnya memiliki pola dasar sebab – akibat, sehingga untuk menguji apakah hipotesis diterima atau ditolak, diperlukan sebuah analisa statistika, khususnya statistika interferensi. Ada beberapa kata kunci, untuk memilih jenis analisa data yang tepat, berdasarkan hubungan antar variabelnya:

  1. Perbandingan/Perbedaan
  2. Hubungan
  3. Pengaruh

Jika penelitian dilakukan dengan tujuan apakah terdapat perbedaan diantara dua atau lebih kelompok dari satu variabel bebas terhadap satu variabel tergantung, maka analisa statistika untuk data nominal adalah Chi Square dan Cohran, data ordinal adalah Kruskal Wallis dan Friedmann, jika data adalah rasio dan interval maka dianalisis dengan uji t dan Anava.

Jika penelitian dilakukan tujuan untuk mengetahui seberapa besar atau kuatnya hubungan antara variabel bebas dan tergantung, maka analisa dilakukan dengan analisis Korelasi. Biasanya analisis statistika dalam penelitian ini dilanjutkan dengan uji analisis Regresi, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel tergantung.

Variabal sebab pada dasarnya adalah sebuah variabel yang membuat perbedaan terhadap sebuah parameter (variabel akibat). Dalam pendefinisian variabel, biasanya variabel sebab dituliskan sebagai variabel bebas (independent variable), sedangkan variabel akibat dituliskan sebagai variabel tergantung (dependent variable). Penelitian dalam rangka penulisan skripsi, sudah dianggap layak ketika dalam rumusan masalah terdapat hubungan antara 1 variabel bebas dan 1 variabel tergantung, dalam penelitian ini dikerjakan dengan analisis statistika univariat. Penelitian untuk penulisan tesis, hendaknya memasukkan lebih banyak, baik variabel bebas ataupun tergantungnya, sehingga diperlukan analisis statistika multivariat, seperti Manova, Hotteling Trace, dan Structural Equation Modelling.

Sebuah penelitian kuantitatif yang baik bukanlah sebuah penelitian yang menerima H1 dan menolak H0 saja. Karena pada dasarnya pengujian hipotesis sangat tergantung dari analisa statistika dan jumlah sampel serta metode samplingnya. Penelitian kuantitatif yang baik adalah penelitian dengan jumlah sampel yang cukup, metode sampling seacak mungkin, dan menggunakan uji statistika yang benar. Jika dalam sebuah penelitian kuantitatif ternyata menerima H0 dan menolak H1, maka ada dua kemungkinan :

  1. Jumlah sampel kurang/terjadi kesalahan analisa data
  2. Terdapat sebuah teori baru yang menolak teori yang lama

Ada baiknya dalam penulisan proposal, terlebih dahulu dilakukan kajian mengenai linieritas rumusan masalah, hubungan antar variabel, jumlah sampel, metode sampel, rancangan penelitian dan analisa data. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari diterimanya H0 dengan kemungkinan no 1. Tetapi, jika pada akhirnya kesemuanya benar maka kemungkinan besar penelitian tersebut berhasil menemukan sebuah teori yang baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s