Contoh Skripsi dan Statistika untuk Mahasiswa Kedokteran Hewan (9)

Seorang mahasiswa kedokteran hewan, ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan derajat resistensi antibiotika bakteri E. coli yang diisolasi dari susu sapi, daging ayam, dan daging sapi. Landasan teori dari penelitian ini adalah resistensi antibiotika dapat terjadi seiring dengan adaptasi bakteri E.coli terhadap kondisi lingkungan yang mengancam eksistensinya. Dan, penggunaan antibiotika yang seringkali tidak tepat dosis, juga menjadi faktor yang menunjang terjadinya resistensi antibiotika. Dan, pola penggunaan antibiotika pada sapi perah, pedaging dan ayam pedaging memiliki perbedaan, sehingga secara teori harusnya terjadi perbedaan pola resistensi, khususnya terhadap antibiotika penisilin.
Rumusan Masalah :
“Apakah bakteri E.coli yang diisolasi dari susu sapi perah, daging sapi, dan daging ayam memiliki perbedaan resistensi terhadap antibiotika penisilin ?”

Hipotesis :

“Bakteri E.coli yang diisolasi dari susu sapi perah, daging sapi, dan daging ayam memiliki perbedaan resistensi terhadap antibiotika penisilin”
Uji statistika :
Dalam uji ini, data yang diperoleh diameter zona hambatan dalam satuan mm. Sehingga, skala data dalam penelitian ini adalah data rasio. Ada 3 jenis pengamatan, yang dapat dikategorikan sebagai perlakuan, sehingga uji statistika yang cocok untuk penelitian ini adalah ANAVA, khususnya one way ANAVA.

Uji ANAVA dapat diuji lebih lanjut dengan menggunakan uji LSD atau Ducann. Baik uji ANAVA atau lanjutan, menggunakan taraf signifikasi 95%. Sehingga H0 ditolak apabila p hitung <0,05.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s