Analisa Varian

Analisa varian yang lazim disebut dengan ANAVA adalah sebuah analisa statistika untuk menguji apakah terdapat perbedaan diantara beberapa kelompok. Dalam analisa ini, rumusan masalah dan hubungan antara variabel bebas dan tergantung adalah apakah terdapat “PERBEDAAN”. Anava, mensyaratkan sebuah penelitian dengan skala data minimal interval, sehingga ANAVA adalah salah satu jenis statistika parametrik. Selain itu, ANAVA juga mensyaratkan perbandingan diantara 3 kelompok atau lebih. Selain itu dalam ANAVA distribusi data harus normal, dan varian homogen. Jika distribusi data tidak normal, dapat dilakukan transformasi data, sesuai dengan jenis datanya. Jika hasil transformasi masih belum menujukkan distribusi normal, maka tidak dapat dilakukan uji statistika ANAVA, sehingga harus diuji dengan uji non parametrik, seperti Kruskal Wallis atau Friedmann.

ANAVA lazimnya digunakan dalam rancangan acak lengkap atau rancangan acak kelompok. Dalam RAL hanya terdapat satu sumber keragaman, yaitu perlakuan, tetapi, dalam rancangan acak kelompok, sumber keragaman adalah perlakuan dan kelompok sampel. Tetapi, ANVA juga dapat dipergunakan dalam rancangan faktorial. Dalam rancangan faktorial, akan didapatkan dua variabel bebas, dan satu variabel tergantung. Uji ANAVA untuk rancangan faktorial adalah TWO WAYS ANAVA. Dalam TWO WAYS ANAVA, selain dapat diketahui perbedaan antar perlakuan terhadap sampel, juga dapat diketahui apakah terjadi INTERAKSI antara dua variabel bebas terhadap variabel tergantung.

Dalam perkembangannya ANAVA bisa dikembangkan menjadi MANOVA, ketika satu variabel bebas mempengaruhi dua atau lebih variabel tergantung, sehingga MANOVA pada dasarnya adalah ANAVA yang diaplikasikan pada ANALISIS MULTIVARIAT. Persyaratan dalam MANOVA juga sama, tetapi dalam kondisi homogen dan distribusi normal multivariat. MANOVA dapat digunakan dalam rancangan acak lengkap dan rancangan acak kelompok. Jika digunakan dalam rancangan faktorial, maka MANOVA berubah menjadi TWO WAYS MANOVA.

Analisis ANAVA dan MANOVA dapat menggunakan software seperti SPSS. Tetapi, khusus MANOVA, untuk mengetahui homogenitas multivariat, membutuhkan software AMOS, karena SPSS tidak menyediakan uji homogenitas varian secara multivariat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s