Analisa Statistika dalam Bidang Pemasaran (3)

Seorang dokter hewan, ingin membuka sebuah klinik hewan baru. Untuk itu, dia ingin mengetahui, variabel apa sajakah, yang mempengaruhi laris atau tidaknya sebuah toko hewan. Untuk itu, dia melakukan riset, dengan menentukan variabel tergantung berupa klinik yang sukses dan yang tidak. Klinik yang sukses adalah klinik yang berhasil membukukan omzet 30 juta perbulan atau lebih, sedangkan klinik yang sepi membukukan omzet kurang dari 30 juta perbulan Sedangkan variabel bebas, ia tentukan sebagai berikut :

  1. Jumlah dokter hewan dalam satu klinik
  2. Jumlah tenaga paramedis dan asisten dalam satu klinik
  3. Jam buka klinik
  4. Harga layanan rawat inap/ekor/kg berat badan
  5. Harga layanan operasi cesar
  6. Rata rata harga layanan rawat jalan
  7. Rata rata kunjungan pasien per hari
  8. Rata rata pendapatan per hari
  9. Jumlah klinik hewan dalam radius 5 km
  10. Jumlah pet shop dalam radius 5 km
  11. Jumlah klinik hewan dan pet shop dalam radius 5 km
  12. Rasio jumlah anjing per 100 kepala keluarga dalam radius 5 km
  13. Rasio jumlah kucing per 100 kepala keluarga dalam radius 5 km

Untuk itu, dokter hewan tersebut melakukan penelitian, dan mendapatkan data sebanyak 105 klinik hewan, di wilayah Jabodetabek.

Untuk mengetahui variabel apakah yang paling menentukan kesuksesan klinik hewan, di wilayah Jabodetabek adalah dengan menggunakan analisis dikriminan. Alasan penggunaan analisis ini, karena sang peneliti (dokter hewan) sudah mengelompokkan 105 klinik dalam dua kelompok, yaitu klinik yang sukses dan tidak. Sehingga, langkah selanjutnya, adalah untuk mengetahui variabel manakah, yang paling berpengaruh terhadap kesuksesan klinik.

Misalnya : Hasil analisis diskriminan menunjukkan bahwa variabel no 3, 4, 8, dan 13 adalah variabel yang paling berpengaruh. Maka sang peneliti bisa mengabaikan 9 variabel yang lain.

Selain itu, dalam analisis diskriminan akan didapatkan sebuah fungsi sebagai berikut, yaitu y = k + a(v3) + b (v4) + c(v8) + d(13)

sehingga, sang peneliti dapat memperkirakan apakah sebuah klinik yang baru dibuka sukses atau tidak dengan mengetahui angka dari variabel 3 (jam buka klinik), variabel 4 (harga layanan rawat inap/hari/ekor/kg bb), variabel 8 (rata rata pendapatan per hari) dan variabel 13 (rasio jumlah kucing per 100 kepala keluarga dalam radius 5 km).

Salah satu keunggulan analisis diskriminan adalah analisis ini merupakan sebuah analisis multivariat, yang memperhitungkan banyak variabel, sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan yang komprehensif, dan akan didapatkan sebuah fungsi untuk membuat sebuah peramalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s