Analisa Statistika dalam Bidang Pemasaran

Seorang manajer pemasaran, ingin melakukan sebuah analisa, untuk menentukan, media apakah yang efektif untuk memasang produk sepeda motor yang diproduksi oleh perusahaannya. Untuk itu, dia melakukan sebuah survei, kepada 500 responden, pemakai sepeda motor, di Kota Jakarta. Manajer tersebut ingin menganalisa, bagaimanakan profil pembaca majalah otomotif, dan koran umum. Untuk itu, dia merumuskan variabel dalam surveinya, yaitu :

  1. Umur
  2. Gaji per Bulan
  3. Jumlah tanggungan
  4. Jarak rumah ke kantor
  5. Rata rata pengeluaran untuk membeli bensin per bulan
  6. Intensitas membaca koran atau majalah per hari
  7. Biaya perawatan sepeda motor per bulan
  8. Intensitas kunjungan ke bengkel dalam sebulan
  9. Rata rata pengeluaran per bulan

Kesembilan variabel tersebut diatas merupakan variabel bebas, dengan skala data rasio. Dalam analisa ini, akan dilakukan analisa diskriminan. Dalam analisis ini, variabel tergantung (independent) adalah pembaca majalah otomotif dan koran umum. Dengan analisis dikriminan, akan diketahui variabel bebas manakah yang paling berpengaruh, sehingga membedakan antara pembaca majalah otomotif dan pembaca koran umum. Harapannya, sang manajer pemasaran dapat mengetahui profil pasti pembaca kedua jenis media cetak tersebut, sehingga mampu menempatkan strategi pemasangan iklan, sehingga sesuai dengan target pasar dari beberapa varian sepeda motor yang dikeluarkan pabriknya.

Misalnya, ternyata, hasil analisis diskriminan, menunjukkan bahwa pembeda utama antara pembaca majalah dan koran umum adalah variabel ke 2, 4, dan 9. Sehingga ketika ia ingin memasang iklan, pada media majalah otomotif, maka ia akan mengiklankan sepeda motor dengan cc besar, dan berharga lebih tinggi, karena pembaca majalah otomotif adalah pengguna sepeda motor yang gajinya diatas 4 juta per bulan/dengan jarak rumah ke kantor rata2 20 km, dan rata rata pengeluaran per bulan adalah 2,5 juta. Sedangkan pemasangan iklan di koran umum, akan dikhusukan untuk sepeda motor yang lebih murah, dan dapat dicicil.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s