Contoh Skripsi dan Statistika untuk Mahasiswa Kedokteran Hewan (4)

Seorang mahasiswa, ingin melakukan penelitian, untuk mengetahui apakah terjadi perbedaan warna kuning telur ayam, yang diberi tambahan pakan kepala udang, kepala ikan kuwe, dan tepung ikan. Dasar penelitian ini adalah masing masing dari limbah perikanan tersebut mengandung betakaroten, yang mampu meningkatkan warna kuning telur.

Rumusan Masalah :

“Apakah terdapat perbedaan warna kuning telur pada ayam yang diberi tambahan pakan kepala udang, kepala ikan kuwe, dan tepung ikan dalam ransumnya ?”

Hipotesa :

“Terdapat perbedaan warna kuning telur pada ayam yang diberi tambahan pakan kepala udang, kepala ikan kuwe, dan tepung ikan dalam ransumnya”

Statistika :

Jumlah sampel :

rumus (n-1)(t-1)>= 15

dimana n = 4 = perlakuan (kepala udang, ikan, tepung ikan ) + kontrol

jadi, t = 6, jadi minimal jumlah ulangan terhadap masing masing perlakuan adalah 6, dan jumlah seluruh sampel adalah 24.

Dalam penelitian ini, data yang didapatkan adalah skala warna kuning telur, berdasarkan yolk colour fan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah warna kuning telur, yang dikoversikan menjadi angka dengan skala 1 – 15. Dengan data seperti ini, maka data yang diperoleh adalah data interval. Sehingga uji statistika yang cocok untuk penelitian ini adalah uji F atau ANAVA (one way anava), yang kemudian dilanjutkan dengan uji BNJ. Tingkat ketelitian adalah 95 %. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima ketika p hitung =< 0,05.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s