Contoh Skripsi dan Statistika untuk Mahasiswa Kedokteran Hewan (3)

Seorang mahasiswa kedokteran hewan, ingin melakukan penelitian, untuk mengetahui pengaruh pemberian antibiotika ampisilin dan tetrasiklin secara intra muscular dan intravena, terhadap proses penyembuhan luka pasca operasi cesar pada induk anjing. Peneliti ingin meneliti apa terdapat perbedaan proses penyembuhan luka pasca operasi, dengan pemberian antibiotika ampisilin dan tetrasiklin. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui apakah pemberian antibiotika secara intramuscular dan intravena juga memiliki perbedaan. Dan yang terakhir, apakah terjadi interaksi antara metode pemberian (im/iv) dengan antibiotika (ampisilin/tetrasiklin) terhadap proses penyembuahan luka.

Rumusan masalah :

1 “Apakah terdapat perbedaan lama penyembuhan luka pasca operasi cesar induk anjing yang diberi antibiotika penisilin dan tetraskilin dengan induk yang tidak diberi antibiotika ?”

2 “Apakah terdapat perbedaan lama penyembuhan luka pasca operasi cesar induk anjing yang diberi antibiotika secara intramuskular dan intravena ?”

3 “Apakah terdapat perbedaan lama penyembuhan luka pasca operasi cesar induk anjing yang diberi antibiotika penisilin dan tetrasiklin, secara intramuskular dan intravena ?”

Uji Hipotesis dan Statistika :

Jumlah sampel :

perlakuan dalam penelitian ini ada 5, yaitu jenis antibiotika (penisilin dan tetrasiklin), metode pemberian (intramuskular dan intravena), dan kontrol

Rumus : (n-1)(t-1) >= 15

maka n= perlakuan = jenis antibiotika (2), metode pemberian (2), dan kontrol (1) = 5

sehingga jumlah ulangan minimal untuk masing masing perlakuan adalah 5. Sehingga jumlah minimal sampel untuk penelitian ini adalah 25.

Uji Hipotesis dan Rancangan Penelitian

Rancangan Penelitian dalam penelitian ini adalah Rancangan Faktorial. Dimana terdapat dua faktor, yaitu jenis antibiotika dan metode pemberian. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah two ways anava. Tingkat kepercayaan dalam penelitian ini adalah 95%. Sehingga H0 ditolak apabila p hitung =< 0,05

Hipotesis :

“Terdapat perbedaan lama penyembuhan luka pasca operasi cesar induk anjing yang diberi antibiotika penisilin dan tetraskilin dengan induk yang tidak diberi antibiotika .”

“Terdapat perbedaan lama penyembuhan luka pasca operasi cesar induk anjing yang diberi antibiotika secara intramuskular dan intravena.”

“Terdapat perbedaan lama penyembuhan luka pasca operasi cesar induk anjing yang diberi antibiotika penisilin dan tetrasiklin, secara intramuskular dan intravena.”

2 thoughts on “Contoh Skripsi dan Statistika untuk Mahasiswa Kedokteran Hewan (3)

  1. he…..have nice blogging bro…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s