Contoh Skripsi dan Statistika untuk Mahasiswa Kedokteran Hewan (2)

Seorang mahasiswa kedokteran hewan, ingin meneliti apakah bakteri S. aureus yang diisolasi nostril anjing yang menjadi pasien di rumah sakit hewan, telah mengalami resistensi terhadap antibiotika penicilin, ampisilin, tetrasiklin dan kloramfenikol. Landasan teori yang mendasari penelitian ini adalah seringnya ke empat antibiotika tersebut digunakan sebagai terapi infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran pernafasan dan kulit.

Rumusan Masalah :

“Apakah bakteri Staphylococcus aureus yang diisolasi dari nostril anjing pasien di rumah sakit hewan pendidikan surabaya memiliki perbedaan tingkat resistensi terhadap antibiotika penisilin, ampisilin, tetrasiklin dan kloramfenikol ?”

Hipotesis :

“Bakteri Staphylococcus aureus yang diisolasi dari nostril anjing pasien di rumah sakit hewan pendidikan surabaya memiliki perbedaan tingkat resistensi terhadap antibiotika penisilin, ampisilin, tetrasiklin dan kloramfenikol”

Statistika

Jumlah sampel

Jumlah sampel minimal untuk 4 perlakuan sesuai dengan rumus (n-1)(t-1) >= 15 adalah 6 sampel untuk masing masing ulangan. Sehingga dibutuhkan total 24 sampel isolat koloni bakteri S. aureus yang diisolasi dari 24 ekor anjing.

Uji Hipotesis

Uji hipotesis yang digunakan adalah uji non parametrik, karena skala data untuk variabel tergantung adalah data pengkategorian, yaitu “sensitif”, “intermediate” dan “resisten”. Dan, satu koloni kuman S. aureus akan dilakukan uji sensitifitas terhadap 4 perlakuan sekaligus, yaitu antibiotika penisilin, ampisilin, tetrasiklin dan kloramfenikol, sehingga sampel yang diuji adalah related atau berpasangan. Uji hipotesis yang cocok untuk kasus ini adalah uji Friedman, dengan tingkat kepercayaan 95%. H0 ditolak apabila p hitung <0.05. Untuk mengetahui perbedaan resistensi diantara masing masing antibiotika dilanjutkan dengan uji Wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s